Jumat, 28 Desember 2007

Kronologi Banjir di Solo, 27 Desember 2007

(Yayasan Lestari Indonesia, Pusat Study Masyarakat [PSM] Yogyakarta,
Gerakan Jogja Bangkit [GJB], Forum Suara Korban - Yogyakarta)

Kronologi Banjir di Solo
27 Desember 2007

Pada tanggal 25 Desember 2007 di sekitar solo telah terjadi hujan lebat sehingga air dari bengawan Solo meluap dalam waktu yang sangat singkat pada tanggal 26 Desember 2007 antara jam 04.00 – 07.00 wib luapan air dari bengawan solo semakin tinggi sekitar kurang lebih 4 m di sepanjang bantaran bengawan solo sehingga rumah yang berada di bantaran bengawan tersebut ketinggiannya sampai 4 m sedangkan banjir yang masuk ke rumah perkampungan di seberang bengawan ketinggiannya rata-rata 1,5 m di seluruh kecamatan Jebres dan kecamatan pasar kliwon.

Desa tersebut antara lain di kecamatan Jebres adalah Desa Jagalan, Kampung Sewu, dan di kecamatan pasar kliwon adalah desa Sangkrah dan Joyontakan Sedangkan korban banjir tersebut rata-rata tidak mau mengungsi dan lebih memilih buka tenda seadanya di sekitaran tanggul.

Kondisi rumah di perkampungan tidak begitu parah sedangkan rumah yang di tepi bantaran bengawan solo rata-rata rusak ringan dan banyak perabotan rumah yang hilang dan rusak akibat terseret banjir.

Bantuan untuk korban banjir sebagian besar baru peseoarang aja, sedangkan pihak pemerintah setempat terutama satkorlak hanya baru sebatas membantu evakuasi korban banjir, akan tetapi warga korban banyak yang tidak mau diungsingkan, warga tetap memilih tetap di rumah sambil mengawasi perabotan yang ada di dalam rumah.

Kondisi anak banyak yang terkena penyakit gatal-gatal karena disebabkan anak-anak dan para perempuan banyak yang mandi pakai air banjir, maka kebutuhan yang sangat mendesak adalah memeriksa kesehatan anak-anak yang diakibatkan pasca banjir.

Sampai saat ini belum ada tindakan kongkrit dari instansi setempat, baru sebatas membersihkan jalan dan fasilitas umum serta baru pendataan di tiap-tiap posko yang ada di kelurahan masing-masing.

Banjir saat ini sudah surut sejak jam 10.00 wib pagi tadi dan warga sudah mulai beraktivitas membersikan rumahnya masing-masing dan disetiap RW sudah ada dapur umum.

Lokasi banjir antara lain di Desa Sangkrah, Joyontakan, Jagalan, Kampungsewu desa tersebut letaknya di kecamatan Jebres dan Pasar kliwon.

Solo, 27 Desember 2007

Posko
Amalul Madih

Tidak ada komentar:

"MENDIDIK RAKYAT DENGAN PERGERAKAN, MENDIDIK PENGUASA DENGAN PERLAWANAN"

Situasi obyektif negara yang masih diliputi oleh ketidakadilan kepada rakyat sebagai pemegang kuasa atas negara tentunya harus disikapi dengan sebuah langkah yang teratur sekaligus revolusioner. Kepemilikan atas modal dan alat produksi oleh rakyat merupakan keniscayaan yang harus segera diwujudkan.
Maka blog ini sebagai media alternatif dalam FGD (focus groups discussion) untuk melahirkan gagasan-gagasan baru untuk dipraksiskan dalam membentuk karakter bangsa demi cita-cita nasional demokrasi kerakyatan untuk menuju negara revolusioner.